A Study of Didung Putra's Painting "Opera Of Dreams" In The Philosophy of Art By Susanne K. Langer

Mardina Rahayu, Wahyu Lestari, Sunarto Sunarto, Eva Y.

Abstract


Didung Putra is a painter who combines realistic and cubistic styles in his artwork. Each of his works emphasizes symbols believed to have subjectivity in expression. This contrasts with Susanne K. Langer's view, which argues that expression is something comprehensive and not just the subjectivity within the artist. This study aims to reveal Susanne K. Langer's philosophy of art as applied to Didung Putra's work titled "Opera of Dream," focusing on the analysis of expression and symbols. The research method used is descriptive qualitative research, with an art criticism approach to Didung Putra's work. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The stages of the research include data collection, classification, processing, and finally, result analysis. The research findings are as follows: (1) Didung Putra is a painter who uses body language as an aesthetic subject and symbols as expressions in each of his works. (2) Didung Putra's work, "Opera of Dream," expresses a state from a general situational perspective and the artist's personal experiences.

 Abstrak

Didung Putra merupakan seniman lukis yang memiliki kecenderungan menggabungkan gaya seni lukis realistik dan kubistik dalam penciptaan karya seni lukisnya. Setiap karya cenderung mengedepankan simbol-simbol yang diduga memiliki subjektivitas dalam berekspresi. Bertentangan dengan pandangan Susanne K Langer, yang berpendapat bahwa ekspresi merupakan sesuatu yang sangat luas dan bukan hanya subjektivitas dalam diri seniman. Tujuan penelitian untuk mengungkapkan filsafat seni Susanne K Langer terhadap karya Didung Putra yang berjudul “Opera of Dream” yang terpusat pada analisis ekspresi dan simbol. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan kritik seni pada karya Didung Putra. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian yang pertama adalah pengumpulan data, yang kedua klasifikasi data, tahapan ketiga pengolahan data, dan yang terakhir analisis hasil. Hasil yang dicapai dalam penelitian adalah: (1) Didung Putra seorang seniman lukis, yang menggunakan Bahasa tubuh sebagai subjek estetik dan simbol sebagai ungkapan ekspresi pada setiap karya seninya. (2) Karya Didung Putra yang berjudul “Opera of Dream” mengungkapkan sebuah keadaan dari pandangan situasi secara umum, serta pengalaman pribadi yang dialami oleh seniman.

 

 

 

 


Keywords


Didung P’s Painting; Art Philosophy; Susanne K Langer; Symbolism in art; Aesthetic expression.

References


Ali, M. (2011). ESTETIKA (3rd ed.). Sanggar Luxor.

Bastomi, S. (2014). Apresiasi Kreatif. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Budiman, Arif & Eva Y (2022). ANALISIS SOSIOLOGIS PROSES KREATIF SAKATO ART COMMUNITY DI YOGYAKARTA TAHUN 1995 HINGGA 2019. Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design, Vol 3, No 2, 86-99. http://dx.doi.org/10.53666/artchive.v3i2.3191

Correia, C. J. (2019). Susanne K. Langer and the definition of art. Eidos: A Journal for Philosophy of Culture, 3(1–7), 92–103. https://doi.org/10.14394/eidos.jpc.2019.0007

Langer, S. K. (1953). Feeling and Form. In The Modern Schoolman (Vol. 31, Issue 2). CHARLES SCRIBNER’S SONS NEW YORK. https://doi.org/10.5840/schoolman195431223

Langer, S. K. (2009). Philosophy in a New Key (3rd ed.). Harvard University Press. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=TL4xbZojMh0C&oi=fnd&pg=PA3&dq=susanne+k+langer&ots=g28TdOSFwM&sig=-wMl_DV1UmRz2KVB34gUtaH3Ua4&redir_esc=y#v=onepage&q=susanne k langer&f=false

Malik, Cameron & Eva Y. (2022). MUKA MU MUKA KU DALAM DUKA, PUN BUKAN DUKA KU: PERFORMATIVITY MUKA DALAM POSTER BELASUNGKAWA PARA POLITISI DI TRAGEDI STADION KANJURUHAN. Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design, Vol 3, No 2, 70-85. http://dx.doi.org/10.53666/artchive.v3i2.3192

Nofrizaldi & Shintia Dwi Alika. (2023).MITOS ILUSTRASI FOTO FERDI SAMBO DALAM PEMBERITAAN MEDIA ONLINE. Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design, Vol 4, No 2, 185-192. http://dx.doi.org/10.53666/artchive.v4i2.3866

Pamungkas, D. P. (2017). PENGALAMAN ALIENASI [ISI Yogyakarta]. http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/2081

Rohidi, T. R. (2011). METODOLOGI PENELITIAN SENI. Cipta Prima Nusantara.

Sumardjo, J. (2000). FILSAFAT SENI (1st ed.). Penerbit ITB.




DOI: http://dx.doi.org/10.53666/artchive.v5i1.4078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design

This Journal is Indexed by: 

Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design 

E-ISSN: 2723-536X | DOI:10.53666  
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/artchive/index
Email: artchive@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: artchive.fsrd@gmail.com
Managing Editor : Eva Yanti, S.Ds., M.Si | Administrator: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 

Journal © 2018 by Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under CC BY-NC 4.0