Interpretasi Putri Lindung Bulan dalam legenda Putri Tujuh Pada Karya Tari Tabiat Meghah
Abstract
Karya ini terinspirasi dari cerita turun temurun yang ada di Kota Dumai, Provinsi Riau. Cerita Putri Tujuh merupakan anak dari Ciksima yang memiliki warna selendang yang berbeda-beda, disetiap warna selendang yang berbeda memiliki simbol yang berbeda-beda, disetiap warna memiliki karakter kuat, gembira, lembut, keangkuhan, kehangatan, sedih, kedamaian. Pengkarya ingin mewujudkan keadaan bentuk sebuah karya tari yang memfokuskannyake perubahan perempuan pada saat ini. Karya ini ditampilkan di Auditorium Boestanul Arifin Adam Isi Padangpanjang karya ini memakai tari kelompok tujuh orang penari perempuan. Pengkarya menggunakan property kain dengan warna merah, kuning, merah jambu, ungu, orange, biru, putih dan setting. Rias yang digunakan ialah rias cantik panggung untuk penari perempuan sedangkan busana yang dipakai untuk penari ialah baju dengan warna yang berbeda-beda dan celana berwarna hitam, ikat pinggang, hiasan kepala. Pengkarya menggunakan tiga struktur garapan dalam karya Tabiat Meghah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alham Jaya Putra, A., Syaiful, E., & Novalinda, S. (2022). Karya Tari Stigma: Sebuah Ekspresi Tari Tentang Karakter Dan Tingkah Laku Korban-Korban Penyakit Magis Sijundai. Jurnal Cerano Seni | Pengkajian Dan Penciptaan Seni Pertunjukan, 1(02), 9–16. https://doi.org/10.22437/cs.v1i02.21876
Drs. Misdiono, Drs. Mohammad Rasyid, tim all.2004 . kumpulan cerita rakyat kota dumai. Kota Dumai.
Dr. Ir. Eko Nugroho,M.Si.2008. Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta.
Dr. Robby Hidayat M.Sn. 2019. Kreativitas Koreografi. ISBN. Bandung.
Hidayat, Robby. 2011. Koreografi dan kreativitas. Pustaka Seni Indonesia Yogyakarta.
Hasnah Sy.2010 Ajar Pengetahuan Tari.PUSLIT&P2M:Padangpanjang.
Yogyakarta: Manthili Yogyakarta
Iqbal, A., & Novalinda, S. (2022). Karya tari “Sada” Sebagai Perwujudan Budaya Lokal. Melayu Arts and Performance Journal, 5(2), 159–168. https://mail.journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/MAPJ/article/view/3175
Jalasutra. 2005. Teori-teori Feminis Kontemporer. Jala Sutra. Yogyakarta dan Bandung.
Sarwo Nugroho. 2015. Manajemen warna dan desain. Andi Offsett. Yogyakarta.
Y. Sumandiyo Hadi. 2020. Tari Kontenporer Sebuah Fenomena Keakuan, Kekinian, Kedisinian. Isi Press. Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bcdk.v6i2.3776
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bercadik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni
E-ISSN: 2807-3622, P-ISSN: 2355-5149 | DOI: 10.26887/bcdk.Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Bercadik/index
Email: bercadik@isi-padangpanjang.ac.id | jurnal.isipp@gmail.com
Editor in Chief: Prof. Dr. Andar Indra Sastra, M.Hum
Publisher: LPPM ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.