Rancangan City Branding Kota Padangpanjang
Abstract
City Branding adalah strategi yang digunakan dalam pemecahan masalah untuk pencapaian tujuan penciptaan Rancangan Kota Padang Panjang yang membangun opini public dengan citra positif dan nilai baru sebagai identitas baru dalam pengembangan kota Padang Panjang sehingga menanamkan Visual Identitas “the city of gathering” di benak target sasaran. Metode dalam penggarapan visualisasi yang seimbang dengan objek formal adalah metode kualitatif spasial sebagai pengumpulan hasil riset dan metode Kotak Kaca (Glass Box Method) sebagai metode desain penarik perhatian khalayak sasaran. Sasaran tersebut yaitu pelancong dan investor, dengan mengadakan event-event secara berkelanjutan agar target akan sampai pada tujuan rancangan yaitu banyaknya yang datang mengunjungi Kota Padang Panjang dengan diadakannya event tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dinnie, K. 2011.City Branding : Theory and Cases. London: Palgrave Macmillan
Jonathan Sarwono., & Harry Lubis. (2007). Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Karim, R. A., Abu, A. G., Khaja, F. N. M. (2016). Brainstorming
ApproachandMind Mapping in Writing Activity. Banda Aceh:
Kavaratzis, Mihalis dan Ashworh, 2007. “Marketing the city of Amsterdam. Cities, Vol.24. No. 1,p.16-25
Keller, Kevin Lane. 2003, Strategic Brand Manajemen, Second Edition, Prentice Hall.
Kembaren, Y. A. (2020). Analisis karya poster berdasarkan unity, layout, tipografi, dan warna. unimed, 123.
Kotler et.al. 2003. Marketing of HospitallityandTourism. Upper Saddle River. New Jersey: Prentice Hall.
McDowell, D. (1999). Process Guide:Brainstorming. The Triton and Patterns Projects of San Diego Unified School District.
Moilanen, Teemu & Rainisto. 2009. How to Brand Nations, Cities and Destinations, A Planning Book for Place Branding. USA: Palgrave Macmillan.
Pramayoza, Dede. (2020). Diorama kota bahagia. Padang panjang: pemerintah kota Padang Panjang, dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Padang Panjang.
Rustan, Surianto. (2008). Layout Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka utama. –
Rustan, Surianto. (2017). Mendesain logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka utama. –
Rustan, Surianto. (2017). Apa Perbedaan brand Identity Identitas Visual Diambil.
Saaduddin, Pramayoza, D., Afrizal H., Muliati, R., Hafif HR., Sena, A., & Aldo, Y. (2022). Menuju Padangpanjang Sebagai Kota Literatur Dunia: PKM Penyusunan Dossier Unesco City of Literature. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 9–21. https://doi.org/10.26887/bt.v7i1.1707
YB, Syafriyanto. (2019). Padang Panjang kota nan elok. Padang Panjang: dinas Perpustakaan dan kearsipan kota Padang Panjang
Webtografi
https://travel.okezone.com/read/2023/01/06/408/2741425/kenapapadang-panjang-disebut-kota-serambi-makkah-begini-asalusulnya?page=2
https://www.suriantorustan.com/perancangan-identitas-visual-atauperancangan-branding/
https://balaibahasajateng.kemdikbud.go.id/2015/12/tagar/
https://perkim.id/profil-pkp/profil-kabupaten-kota/profil-perumahan-dankawasan-permukiman-kota-padang-panjang/
https://www.tribunnewswiki.com/2021/08/31/kota-padang-panjang82
https://www.kompas.tv/article/248193/apa-fungsi-dan-bagaimanasejarah-penggunaan-tagar-di-media-sosial
Daftar Wawancara
Wawancara dengan dengan KASI Pengelolaan Dinas Pustaka, Ririn Asriani di Dinas Pustaka dan Kearsipan, 27 Desember 2022.
Wawancara dengan Januardi sebagai Kepala BAPPEDA Kota Padang Panjang, 9 Januari 2022.
Wawancara dengan Syahrial sebagai staf di Dinas Kepemudaan dan Olahraga, 17 Januari 2023.
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bcdk.v6i2.3798
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bercadik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni
E-ISSN: 2807-3622, P-ISSN: 2355-5149 | DOI: 10.26887/bcdk.Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Bercadik/index
Email: bercadik@isi-padangpanjang.ac.id | jurnal.isipp@gmail.com
Editor in Chief: Prof. Dr. Andar Indra Sastra, M.Hum
Publisher: LPPM ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.