Warna Wardrobe sebagai Perubahan Emosi May Dalam Film 27 Step of May Karya Ravi Bharwani

Mira Susanti, Zainal Abidin, Vicia Dwi Prakarti DB

Abstract


Penelitian ini membahas bagaimana warna wardrobe digunakan sebagai alat untuk menggambarkan perubahan emosi karakter May dalam film "27 Step of May" karya Ravi Bharwani. Film ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama May yang mengalami trauma akibat pemerkosaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran warna wardrobe dalam mencerminkan emosi yang dialami oleh May sepanjang film. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teori yang diterapkan meliputi teori wardrobe, teori warna, dan teori emosi, yang semuanya membantu dalam fokus penelitian ini. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian mengidentifikasi 14 scene dalam film di mana perubahan emosi May direpresentasikan melalui penggunaan warna wardrobe. Emosi yang diamati meliputi senang, bahagia, marah, takut, sedih, dan cinta. Analisis menunjukkan bahwa perubahan emosi ini ditunjukkan melalui pilihan warna dalam wardrobe, seperti putih, kuning, abu-abu, biru, dan coklat. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan warna dalam wardrobe dapat secara efektif menggambarkan perubahan emosi karakter dalam konteks naratif film

Keywords


Warna; Wardrobe; Emosi; Film; 27 Step of May

Full Text:

PDF

References


Blau, J. J. C., & Carello, C. (2020). Perceptual Underpinnings for “Good” Editing: A Fractal Analysis. Perception, 49(3), 281–297. https://doi.org/10.1177/0301006620903166

Chen, W.-H. (2013). A Study in Multimedia Design Applied to Film Editing to Construct a Multiple Plots Movie. GSTF International Journal on Computing, 3(2). https://doi.org/10.5176/2251-3043_3.2.261

Cowen, P. S. (1988). Manipulating Montage: Effects on Film Comprehension, Recall, Person Perception, and Aesthetic Responses. Empirical Studies of the Arts, 6(2), 97–115. https://doi.org/10.2190/mf18-ftxe-nblh-pv98

Eisenstein, S. (2014). Film form: Essays in film theory. HMH.

I Gede Nyoman Wisnu Satyadharma, N., Mario Rinaldi, N., & Annisa

Bela Pertiwi, N. (2024). Analisis Penerapan Teknik Sinematografi Pada Video Persembahan Wisudawan Di Lingkungan Perguruan Tinggi. Teknimedia Teknologi Informasi Dan Multimedia, 5(1), 62–73. https://doi.org/10.46764/teknimedia.v5i1.167

Kong, X. (2024). The Influence of Soviet Films on Chinese Films in the 17-Year Period: An Analysis of the Film Zhang Ga the Soldier Boy. Scientific and Social Research, 6(2), 185–196. https://doi.org/10.26689/ssr.v6i2.6190

Redfern, N. (2022). Motion Picture Editing as a Hawkes Process. Journal of Data Science, 43–56. https://doi.org/10.6339/22-jds1055

Santyaputri, L. P. (2018). Masculinity of Women in RED Cobex, a Comedy Genre. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 5(1). https://doi.org/10.36806/jsrw.v5i1.8

Vultee, F. (2015). Audience Perceptions of Editing Quality. Digital Journalism, 3(6), 832–849. https://doi.org/10.1080/21670811.2014.995938

Xiang, W., Perumal, V., & Neo, T. K. (2022). A Critical Review on the Use of Montage Technique in Film and Television. 235–242. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-57-2_25

Zhou, J. (2023). The Analysis of Short Film Shooting and Editing Techniques. 322–329. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-004-6_41




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bcdk.v8i2.4816



Bercadik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni 

E-ISSN: 2807-3622, P-ISSN: 2355-5149 | DOI: 10.26887/bcdk.
Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Bercadik/index
Email: bercadik@isi-padangpanjang.ac.id | jurnal.isipp@gmail.com
Editor in Chief: Prof. Dr. Andar Indra Sastra, M.Hum 
Publisher: LPPM ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.