Intellectual Montage untuk Menciptakan Bahasa Visual pada Film Fiksi Pulang Tanpa Rencana
Abstract
Penelitian ini berjudul "Intellectual Montage untuk Menciptakan Bahasa Visual pada Film Fiksi Pulang Tanpa Rencana" yang bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan teknik editing Intellectual Montage dalam menciptakan bahasa visual yang kuat pada film. Subjek penelitian ini adalah film fiksi "Pulang Tanpa Rencana," yang mengangkat tema tentang penipuan asuransi palsu di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan analisis dokumentasi. Landasan teoretik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori montage oleh Sergie Eisenstein, yang menekankan pada juxtaposition atau benturan antara dua atau lebih shot untuk menciptakan makna baru dan kompleks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Intellectual Montage pada film "Pulang Tanpa Rencana" berhasil menciptakan makna-makna baru yang mendalam melalui penyusunan gambar-gambar yang tampak tidak berhubungan secara ruang dan waktu. Teknik ini tidak hanya meningkatkan ketegangan dramatis tetapi juga memperkuat pesan moral dan ideologi film. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman teknik montage dan aplikasinya dalam industri film.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Blau, J. J. C., & Carello, C. (2020). Perceptual Underpinnings for “Good” Editing: A Fractal Analysis. Perception, 49(3), 281–297. https://doi.org/10.1177/0301006620903166
Chen, W.-H. (2013). A Study in Multimedia Design Applied to Film Editing to Construct a Multiple Plots Movie. GSTF International Journal on Computing, 3(2). https://doi.org/10.5176/2251-3043_3.2.261
Cowen, P. S. (1988). Manipulating Montage: Effects on Film Comprehension, Recall, Person Perception, and Aesthetic Responses. Empirical Studies of the Arts, 6(2), 97–115. https://doi.org/10.2190/mf18-ftxe-nblh-pv98
Eisenstein, S. (2014). Film form: Essays in film theory. HMH.
I Gede Nyoman Wisnu Satyadharma, N., Mario Rinaldi, N., & Annisa Bela Pertiwi, N. (2024). Analisis Penerapan Teknik Sinematografi Pada Video Persembahan Wisudawan Di Lingkungan Perguruan Tinggi. Teknimedia Teknologi Informasi Dan Multimedia, 5(1), 62–73. https://doi.org/10.46764/teknimedia.v5i1.167
Kong, X. (2024). The Influence of Soviet Films on Chinese Films in the 17-Year Period: An Analysis of the Film Zhang Ga the Soldier Boy. Scientific and Social Research, 6(2), 185–196. https://doi.org/10.26689/ssr.v6i2.6190
Redfern, N. (2022). Motion Picture Editing as a Hawkes Process. Journal of Data Science, 43–56. https://doi.org/10.6339/22-jds1055
Santyaputri, L. P. (2018). Masculinity of Women in RED Cobex, a Comedy Genre. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 5(1). https://doi.org/10.36806/jsrw.v5i1.8
Vultee, F. (2015). Audience Perceptions of Editing Quality. Digital Journalism, 3(6), 832–849. https://doi.org/10.1080/21670811.2014.995938
Xiang, W., Perumal, V., & Neo, T. K. (2022). A Critical Review on the Use of Montage Technique in Film and Television. 235–242. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-57-2_25
Zhou, J. (2023). The Analysis of Short Film Shooting and Editing Techniques. 322–329. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-004-6_41
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bcdk.v8i1.4817
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bercadik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni
E-ISSN: 2807-3622, P-ISSN: 2355-5149 | DOI: 10.26887/bcdk.Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Bercadik/index
Email: bercadik@isi-padangpanjang.ac.id | jurnal.isipp@gmail.com
Editor in Chief: Prof. Dr. Andar Indra Sastra, M.Hum
Publisher: LPPM ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.