SORAK RANG BALAI: DENDANG SEBAGAI REPRESENTASI DAN IDENTITAS METODE PROMOSI DALAM BUDAYA DAGANG MASYARAKAT MINANGKABAU
Abstract
ABSTRAK
Tulisan ini bertujuan untuk membahas tentang bagaimana peran dan ciri khas sorak dalam perdagangan di Minangkabau. Sorak rang balai merupakan sebuah media ungkap yang digunakan oleh pedagang dalam transaksi jual beli yang hanya dilakukan oleh masyarakat Minangkabau. Sorak rang balai ini merupakan sebuah cara promosi yang unik, dimana pedagang di Minangkabau berdendang-dendang dalam mempromosikan dagangannya. Konsep musikal dalam dendang pada sorak rang balai yaitu lirik atau syairnya berisikan tentang jenis, kualitas, dan juga harga barang yang diperdagangkan. Hari balai yang terjadi dalam sekali sepekan ini, merupakan hari dimana pada umumnya para pedagang berlomba-lomba dalam mempromosikan dagangannya dengan cara berdendang. Kompleksitas metode perdagangan ini menjadi ciri khas dan identitas dalam kebudayaan masyarakat Minangkabau.
Kata kunci: Sorak Rang Balai, Balai, Promosi Unik, Identitas, Ciri Khas.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ibrahim Dt. Sanggoeno Diradjo. 2009. Tambo Alam Minangkabau Tatanan Adat Warisan Nenek Moyang Orang Minangkabau. Bukittinggi : Kristal Multimedia.
Magek, Bapayuang, Yos. 2015. Kamus Baso Minangkabau. Mutiara Sumber Il-mu. Jakarta.
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa, Penerbit Andi. Yogyakarta.
www.bukittinggikota.go.id
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bcdk.v4i2.573
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bercadik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni
E-ISSN: 2807-3622, P-ISSN: 2355-5149 | DOI: 10.26887/bcdk.Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Bercadik/index
Email: bercadik@isi-padangpanjang.ac.id | jurnal.isipp@gmail.com
Editor in Chief: Prof. Dr. Andar Indra Sastra, M.Hum
Publisher: LPPM ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.