Pemeranan Tokoh Baitul Bilal pada Pertunjukan Orang Kasar Karya Anton Chekhov dengan Gaya Realisme

Andre Irwantoni

Abstract


Pemeranan tokoh Baitul Bilal dalam pertunjukan Orang Kasar karya Anton Chekhov saduran WS. Rendra merupakan penciptaan seni peran yang dilakukan untuk mewujudkan tokoh Baitul Bilal sebagai sebuah pertunjukan teater. Rumusan masalah dari penciptaan tokoh Baitul Bilal ini adalah seperti apa deskripsi tokoh Baitul Bilal dan bagaimana mewujudkan tokoh Baitul Bilal ke dalam pertunjukkan teater. Adapun tujuan pemeranan tokoh Baitul Bilal dalam naskah Orang Kasar, untuk mendapatkan deskripsi tokoh Baitul Bilal dan mewujudkan tokoh Baitul Bilal dalam naskah Orang Kasar dengan gaya realisme. Proses penciptaan tokoh Baitul Bilal menggunakan metode magic if dalam proses mewujudkan tokoh. Metode ini berpusat pada pertanyaan “Jika pemeran adalah tokoh Baitul Bilal, apa yang akan pemeran lakukan?”. Sehingga saat memerankan tokoh Baitul Bilal, pemeran akan memposisikan dirinya sebagai tokoh yang pemeran perankan. Bagaimana pemeran akan bersikap pada situasi yang dihadapi tokoh Baitul Bilal dan pemeran akan bertanya kepada dirinya sendiri apa yang harus ia lakukan, pada saat mengalami situasi yang dialami tokoh Baitul Bilal. Untuk memerankan tokoh tersebut pemeran harus jujur, logis dan masuk akal sesuai dengan tokoh yang pemeran perankan. Dalam memerankan tokoh, pemeran menggunakan realisme sebagai landasan untuk menciptakan tokoh. Proses penciptaan tokoh diawali dengan mengetahui deskripsi tokoh Baitul Bilal. Dalam proses mewujudkan tokoh Baitul Bilal, pemeran harus mempunyai rancangan pertunjukan kemudian memberitahukan kepada semua tim yang terlibat agar semua rancangan pemeran dapat diwujudkan di atas panggung. Akhirnya di pertunjukan ke hadapan penonton. Hingga pada akhirnya penonton dapat menikmati semua peristiwa yang ada di dalam naskah Orang Kasar.

Keywords


Orang Kasar; Anton Chekhov; Realisme; Pemeranan.

Full Text:

PDF

References


Bintang, Zainal. 2011. “Magic ‘ if .’” Publica 1–6. Diambil 14 Desember 2021 (https://publika.rmol.id/read/2021/02/08/ 474161/magic-if).

Bradford, Wade. n.d. “Biografi Anton Chekhov.” Eferrit. Diambil 3 Maret 2022 (https://id.eferrit.com/biografi- anton-chekhov/).

B. Sitorus, eka. 2002. The art of acting: seni peran untuk teater, film dan TV. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Febriansyah. 2019. “Sejarah Lahirnya W.S. Rendra 7 November 1935.” tirto.id 1.

Diambil 26 Maret 2022 (https://tirto.id/sejarah-lahirnya-ws- rendra-7-november-1935-elgc).

Herman J Waluyo. 2007. Drama Naskah, Pementasan, dan Pengajarannya. II. diedit oleh M. P. Prof. Dr.Kunardi Harjoprawiro. Surakarta: Lembaga Pengembang Pendidikan.

Fitri, Y., & Saaduddin, S. (2018). Reinterpretasi Dramaturgi Lakon Kebun Ceri Karya Anton P Chekhov. Laga, 4(2), 149–162. http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Lagalaga/article/view/529/320

Haikal, M., & Saaduddin, S. (2020). Pemeranan Tokoh Comol dalam Naskah Lautan Bernyanyi Karya Putu Wijaya dengan Metode Akting The System Stanislavsky. Laga-Laga, 1(2), 1–6.

Kardiyanto, Wawan. 2019. “Seniman Pewaris Nabi Perspektif Kesenian Profetik Dalam Seni Pertunjukan Teater Aliran Realis.” Lakon Jurnal Pengkajian & Penciptaan Wayang 1:1.

Lesmana, O. 2018. Pengetahuan Dasar Seni Teater. PT MAPAN.

Saptaria, Rickrik El. 2006. Acting Handbook, Panduan Praktis Akting Untuk Film dan Teater. Rekayasa Sains Bandung Indonesia.

Satoto, Prof Dr. H. Soediro. 2012. Analisis Drama & Teater. 2 ed. diedit oleh W. Djaja. Kartasura: Ombak.

Satoto, S. 2016. Analisis Drama dan Teater. 1 ed. diedit oleh W. Djaja, S.S. Yogyakarta: Ombak.

Stanislavski, Constantin. 1917. An Actor Prepares. diedit oleh E. Reynoldsn Hapgood. London: Great Britain.

Stanislavsky, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yudiaryani. 2002. Panggung Teater Dunia: Perkembangan dan Perubahan Konvensi. Yogyakarta: Pustaka Gondho Suli.

Yusriansyah, Eka. 2022. “Dramatic Reading sebagai Strategi Pembelajaran Drama di Zaman Digital.” “INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/cartj.v4i2.2965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

     


Creativity and Research Theatre Journal (CARTJ)

P-ISSN: 2715-5404  | E-ISSN: 2715-5412
Email: red.cartjjournal@gmail.com
Theatre Department
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan. Kel.Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Timur.
Kota Padangpanjang, Sumatera Barat 27128, Indonesia
Telepon: 0752 (82077) | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License