EKSISTENSI GONDANG OGUANG DI DESA LUBUK BENDAHARA KECAMATAN ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU PROVINSI RIAU

REFRIANTO REFRIANTO, DESMAWARDI DESMAWARDI, YURISMAN YURISMAN

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data di lapangan seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dianalisis secara interaktif dan berlansung secara terus pada tahap penelitian hingga sampai tuntas. Aktifitas dalam analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana eksistensi kesenian Gondang Oguang yang ada di Desa Lubuk Bendahara, bagaimana fungsi Gondang Oguang di Desa Lubuk Bendahara, serta untuk mengetahui pandangan masyarakat Desa Lubuk Bendahara tentang kesenian Gondang Oguang. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Gondang Oguang di Desa Lubuk Bedahara masih tetap eksis sampai sekarang. Eksistensi Gondang Oguang yang ada di Desa Lubuk Bendahara disebabkan oleh kehadiran Gondang Oguang tidak dapat digantikan oleh kesenian lain dalam upacara adat yang ada di Desa Lubuk Bendahara. Dalam sebuah perhelatan, bagi masyarakat pribumi Desa Lubuk Bendahara jika tidak ditampilkan Gondang Oguang, perhelatan tersebut dianggap tidak meriah.

 


Keywords


Eksistensi; Lubuk Bendahara; Gondang Oguang

Full Text:

PDF

References


AAM Delantik. 1999 Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Asri MK.2013. Kronik Pembelajaran Talempong Unggan. Jogjakarta:Media Kreativa.

Budi Raharja. 2001.Jurnal Seni dan Perubahan: Musik Dalam Kebudayaan Global, “Mencari makna Dialektika Musik Etnik”. Yogyakarta: Ekspresi, Volume 3, Tahun 1.

Diah Rosari Syafrayuda. 2015. “Eksistensi Tari Paying Syofiani Sebagai Tari Melayu Minangkabau”. Tesis. Padangpanjang: Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

Hajizar. “Menguak Konsep Musik Tiga Jenis Talempong yang Langka di Luhak Limo Puluah Koto Minangkabau (Talempong Kayu, Talempong Sambilu dan Talempong Basaua)”, Laporan Penelitian. Padangpanjang: Sekolah Tinggi Seni Indonesia Padangpanjang.

Hasan Alwi. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai pustaka.

Herawati. 1993. “Studi Deskriptif Talempong Gandang Agueng di Desa Sialang Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota “. Laporan Penelitian. Padang Panjang: ASKI Padang Panjang.

Jeki Antoni. 2015. “Perubahan Talempong Oguang Sebagai Tradisi Masyarakat di Kanagarian Muaro Paiti Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat.” Tesis. Padangpanjang: Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

Junaidi Syam. 2012. Sejarah Kerajaan Lima Luhak di Hulu Sungai Rokan. Pasirpengaraian: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rokan Hulu.

Mahdi Bahar.1994. “Fungsi Gondang Ogung Dalam Masyarakat Sialang Minangkabau”. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Mahdi Bahar.2003. “Perkembangan Budaya Musik Perunggu Minangkabau di Sumatera Barat”. Disertasi.Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Merriam, Allan p.1968.The Antropologi Of Music. Chicago: Nortwestern University Press.

Misnal Munir. 2008.Aliran-aliran Utama Filsafat Barat Kontemporer, editor Amin Ma’aruf dan Mustofa ansohori Lidinillah. Yogyakarta: Ilama.

Pono Banoe. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Yusri Syam. 2007. Gondang Borogong. (Pasirpengaraian: Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kegiatan Pengelolaan Keragaman Budaya

_. Ensiklopedia Nasional Indonesia.1990. Jakarta: PT Cipta Abdi Pustaka.

Sumber Dari Internet:

Ibrahim syarif, m.hukumonline.com/pusatdata/detail/lt59424bd20c01f/nprt/lt51e4e8f0374f6/uu-no-5-tahun-2017-pemajuan-kebudayaan




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/cartj.v2i1.511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

     


Creativity and Research Theatre Journal (CARTJ)

P-ISSN: 2715-5404  | E-ISSN: 2715-5412
Email: red.cartjjournal@gmail.com
Theatre Department
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan. Kel.Guguk Malintang, Kec. Padang Panjang Timur.
Kota Padangpanjang, Sumatera Barat 27128, Indonesia
Telepon: 0752 (82077) | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License