Pembelajaran Batik Tulis Di SMKN 8 Padang Sumatera Barat

Arul Fikri, Ranelis Ranelis, Asmidar Asmidar

Abstract


Penelitian yang berjudul Pembelajaran  Tulis Di SMK 8 Padang Sumatera Barat bertujuan  untuk  mengetahui bagaimana proses pembuatan  tulis di kelas XII SMKN 8 Padang dan bagaimana hasil pembelajaran  tulis yang dihasilkan siswa kelas XII SMKN 8 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas XII SMKN 8 Padang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data  yaitu dengan studi pustaka, observasi,  wawancara, dokumentasi dan analisis data.  Hasil  penelitian ini menunjukan   bahwa   proses pembelajaran pembuatan  tulis di kelas XII SMKN 8 Padang melalui teori maupun praktek. Proses pembuatan  tulis di awali persiapan bahan,  peralatan, dan proses dengan pembuatan dengan pengunaan pewarnaan, pencelupan dan penjemuran. Hasil pembelajaran  tulis yang dihasilkan siswa kelas XII KKBT II SMKN 8 Padang berupa karya-karya fungsional.


Keywords


Pembelajaran; Tulis; Siswa SMKN 8 Padang

References


Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: PT. Rineka Cipta.

Chairullah, Achmad dan Ernis, 2018, Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Batik Tulis Di SMK Negeri 8 Padang, E- Jurnal Seni Rupa FBS Universitas Negeri Padang, Volome 2, No 1, 1-11.

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Haizatul Faizah dan Rahmat Kamal, 2024, “Belajar Dan Pembelajaran”, Jurnal Basicedu: Research & Learningin Elementary Education, Volume 8 Nomor 1, 466 -476

Indriani, Diah Fitria. 2006. “Studi Batik Tulis Tegalan Di Desa Kalinyamat Wetan Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal. Skripsi”. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Ismail, Muhammad Ilyas. 2021. Evaluasi Pembelajaran Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Prasetyo, A. 2010, Karya Agung Warisan Budaya Dunia, Yogyakarta: Pura Pustaka.

Qomari, Rohmad, 2008. Pengembangan Instrumen Evaluasi Domain Afektif. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, Vol. 13, No. 1, 1-15.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Soemardji, dkk. 2001. Pendidikan Keterampilan. Malang: Universitas Negri Malang.

Ubabuddin, 2019, “Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar”, Jurnal Edukatif, IAIS Sambas, vol. V, No. 1 Januari–Juni, 18-27.

Zakaria, M. Askari, Dkk, .2020. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development. Sulawesi: Yayasan Pondo k Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/educraf.v3i2.4402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



EDUCRAF
Email: educraf@isi-padangpanjang.ac.id |  HP: +62 812-6608-2542
Jurnal URL: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ecraft/
Program Studi Pendidikan Kriya, Fakultas Seni Rupa dan Desain
Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Jln. Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat – Indonesia. 27128
Telp:(0752) 82077 | Faks: (0752) 82803
Email (Prodi): pdkriya2017@gmail.com
Website: https://www.isi-padangpanjang.ac.id/