Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan (Repeater Guest) Pada Objek Wisata Banto Royo

Harry Yulianda, Adhetia Retno Sari

Abstract


Pada penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), untuk mendapatkan data-data permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kemudian diuraikan serta melakukan klarifikasi terhadap aspek masalah tertentu dan memaparkan melalui kalimat yang efektif, faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjung ulang wisatawan pada objek wisata Banto Royo dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu faktor daya tarik wisata, faktor kualitas pelayanan dan promosi. Daya tarik wisata Banto Royo yang mempengaruhi minat kunjungan ulang wisatawan adalah keindahan alam yang berupa rawa dan perbukitan yang digunakan oleh wisatawan untuk refreshing dan atraksi wisata berupa perahu air dan wahana bermain anak. Kualitas pelayanan yang mempengaruhi minat kunjungan ulang wisatawan adalah pelayanan pemandu wisata yang diberikan oleh pengelola objek wisata sangat memberikan kenyamanan bagi wisatawan sehingga wisawatan mau berkunjung ulang. Dan promosi, bentuk promosi yang mempengaruhi minat kunjungan ulang wisatawan adalah setiap kegiatan yang dilakukan wisatawan di objek wisata Banto Royo dan kegiatan lainnya selalu di posting oleh pengelola melalui media sosial.

Full Text:

PDF

References


Damanik, Janianto Weber, Helmut. 2006. Perencanaan Ekowisata Dari Teori Ke Aplikasi. Yogyakarta : PUSPAR UGM

Darmadji, M. Fakhruddin. 2001. Pasar Modal Di Indonesia. jakarta : salemba empat

Yoeti, Oka. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung : Angkasa Bandung Nyoman,S. Pendit. 1994. Identifikasi Potensi Objek dan Daya Tarik Wisata Ridwan,

Kurniawan Gilang Widagyo, “Analisis Pasar Pariwisata Halal Indonesia”. The journal of tauhidinomics Vol. 1 No.1 Jurnal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2015.

Lurensia Vinda W, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang”. Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Kampus Universitas Diponegoro.

b.s. nuraeni, “Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat kunjungan ulang wisatawan semarang”, vol. 23, no.1, pp.1-20 Apr. 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/jtsti.v1i2.3248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTSTI : Journal of Tourism Science, Technology and Industry
E-ISSN 2962-5378 | DOI: 10.26887/jtsti.v2i2

Websitehttps://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/JTST

Email: jurnalprodipariwisata1234@gmail.com

Editor in Chief: Fresti Yuliza, S.Sn., M.A | Managing EditorFernando Fasandra, S.ST., M.Par |  | Anggun, A.Md. AB

Publisher: Program Studi Pariwisata, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Editorial Office: Gedung Fakultas Seni Rupa dan Desain Lt. 1 Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803


JTSTI: Journal of Tourism Science, Technology and Industry © 2022 by Program Studi Pariwisata, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under CC BY 4.0